Home / Berita / Pelatihan Aplikasi Peralatan Industri

Pelatihan Aplikasi Peralatan Industri

pelatihan

Energi surya atau matahari masih belum banyak dimanfaatkan padahal energi ini berpotensi mampu menyediakan kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini yang relative murah dan ramah lingkungan. Untuk mengubah sinar matahari menjadi energi  di butuhkan sel surya, atau solar cell. Untuk dapat mengenal solar panel, mulai dari definisi, cara kerjanya, cara membuatnya, dan implimentasinya di lapangan, Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana Malang mengadakan pelatihan untuk dapat mengetahu seluk beluk tentang solar cell dan cara kerja nya dengan prinsip mengubah sinar matahari (foton) menjadi arus listrik DC sebagai pencharger accu selanjutnya listrik DC dari accu akan dirubah oleh inverter menjadi arus listrik AC 220V.

Sementara penggunaan dan penguasaan bidang mekatronika merupakan suatu hal yang sangat penting. Perkembangan industri (industri power plant, industri otomotif, industri permesinan untuk proses otomasi, atau industri-industri yang menghendaki tenaga perawatan alat-alat produksinya secara mekanis/otomatis) menuntut tersedianya sumber daya manusia yang menguasai teknologi otomatisasi atau mechatronic. Dalam perkembangannya bidang ini mempunyai cakupan yang lebih luas yaitu, suatu bidang yang mengintegrasikan teknik mesin, elektronika, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, komunikasi, ilmu bahan, mikroelektronika, juga kecerdasan buatan. Pelatihan aplikasi mekatronika ini dimaksudkan untuk mencapai kebutuhan pemenuhan tenaga kerja dalam  memahami mekatronika yang lebih baik.

Sedangkan PLC merupakan pengembangan peralatan dalam bidang otomasi industri berbasis perangkat pengontrol terprogram. Sebagai sistem kontrol elektronik yang mengaplikasikan PLC, sequential process, otomasi industri, wiring kontrol, mikro controller,  dapat melakukan pengontrolan sistem pada peralatan industri manufacturing, industrial food & drink, power plant, dan sebagainya.